Mathmagics Pada Akar Pangkat Tiga

17 01 2009

Metode Pembelajaran Mathemagics (Rumus Cepat) Dalam Sub Bahasan Akar Pangkat Tiga

Keterampilan murid dalam menyelesaikan soal matematika seperti halnya seseorang yang mencoba keterampilan menganyam. Seseorang tidak akan pernah bisa membuat anyaman dari bambu, bila orang tersebut tidak pernah mau mencoba belajar menganyam. Seseorang tidak akan bisa menghasilkan suatu anyaman dengan cepat, terarah, rapi dan indah, bila orang tersebut hanya mau mempelajari seni anyam-menganyam tanpa pernah melakukan latihan secara tekun dan teratur. Begitu juga halnya dengan pelajaran matematika. Murid tidak akan terampil menyelesaikan soal matematika bila murid yang bersangkutan jarang mencoba berlatih menyelesaikan soal matematika secara mandiri.

Jika guru mampu menggunakan metode pembelajaran Mathemagics (Rumus Cepat) murid akan lebih mudah dalam mempelajari matematika. Pengembangan metode ini mampu menghilangkan pandangan tentang matematika yang sulit. Hal ini dikarenakan, ketika menggunakan metode Mathematics maka soal-soal yang dihadapi menjadi mudah, cepat, dan praktis.

Berikut merupakan pembelajaran matematika dengan mathmagics sub bahasan Akar Pangkat Tiga

Cara Lama

Dalam mencari akar pangkat tiga suatu bilangan, seringkali siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal. Contoh:


Tentukan hasil dari 3√64 !

64

2

32

2

2

2

2

16

2

8

4

Jawab:

Dari uraian tersebut, maka dihasilkan

3√64 = 3√26

= 3√22x22x22

= 22

= 4

Cara Baru

Langkah tersebut di atas sangat sulit jika dikerjakan oleh siswa (tertama yang kurang mampu). Cara baru kali ini adalah menggunakan mathemagics (Rumus Cepat). Suatu rumus yang tanpa bersusah payah untuk menghitung. Akan tetapi cukup dengan menghafal kata kuncinya saja.

Kata Kunci:

Perhatikan angka terakhir

3 = 1

23 = 8

33 = 27

43 = 64

53 = 125

63 = 216

73 = 343

83 = 512

93 = 729

103 = 1000

Angka-angka tersebutlah yang merupakan kunci dari cara pemecahan penarikan akar pangkat tiga. Dan yang paling penting, Perhatikan angka yang dicetak merah!

Contoh:

1. Tentukan hasil dari 3√64 !

Jawab:

3√64 …….?

Perhatikan angka terakhir!

Angka terakhir adalah angka 4. Sesuai dengan kunci di atas, maka (x3) yang memiliki angka terakhir 4 adalah 4

Jadi, 3√64 = 4

2. Tentukan hasil dari 3√19683 !

Jawab:

3√19683 ……?

Perhatikan angka terakhir!

Angka terakhir adalah angka 3. Sesuai dengan kunci di atas, maka (x3) yang memiliki angka terakhir 3 adalah 7

319683 …….?

Sekarang, Perhatikan angka yang terletak setelah 3 angka dari belakang!

Yaitu angka 19. Berapakah x, jika x3 £ 19? (x bilangan terbesar)

Sehingga x adalah 2.

Jadi 3√19683 = 27

Inilah cara penyelesaian menggunakan mathemagics (Rumus Cepat). Penyelesaiannya lebih mudah dan cepat. Sehingga siswa tidak merasa bahwa matematika itu memang susah. Karena terbukti dalam waktu singkat, kita mampu menyelesaikan penyelesaian tersebut walau sesulit apapun.


Aksi

Information

Tinggalkan komentar